Kamis, 23 Februari 2017

Kinematika Gerak pada Fisika

         Blog KoFi - Pada artikel ini kita akan membahas materi Kinematika Gerak pada Fisika secara umum termasuk cakupan sub-materi yang akan dipelajari. Gerak merupakan perubahan posisi (kedudukan) suatu benda terhadap sebuah acuan tertentu. Perubahan letak benda dilihat dengan membandingkan letak benda tersebut terhadap suatu titik yang diangggap tidak bergerak (titik acuan), sehingga gerak memiliki pengertian yang relatif atau nisbi.

         Suatu benda dikatakan bergerak apabila kedudukannya berubah terhadap acuan tertentu. Misalnya sebuah mobil yang bergerak pada lintasan yang licin dengan kecepatan tertentu. Anda dapat menentukan seberapa cepat mobil tersebut melaju dan seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh dalam selang waktu tertentu.

         Studi mengenai gerak benda, konsep-konsep gaya, dan energi yang berhubungan, membentuk suatu bidang, yang disebut mekanika. Mekanika dibagi menjadi dua bagian, yaitu kinematika dan dinamika. Kinematika adalah ilmu yang mempelajari gerak benda tanpa meninjau gaya penyebabnya. Adapun dalam dinamika mempelajari tentang gerak dan gaya penyebabnya.

         Di antara macam-macam gerakan benda terdapat dua gerak yaitu gerak translasi dan gerak rotasi. Gerak translasi adalah gerakan yang berhubungan dengan berpindahnya suatu benda dari suatu tempat menuju ke tempat lain, di mana setiap partikel dalam benda dalam selang waktu yang sama menempuh jarak yang sama, sedangkan Gerak rotasi (gerak putar) adalah gerakan suatu benda dimana setiap titik pada benda tersebut mempunyai jarak yang tetap terhadap suatu sumbu tertentu. Pada umumnya gerakan suatu benda adalah campuran daripada gerak translasi dan rotasi. Misalnya sembarang benda yang dilemparkan akan terlihat bahwa di samping ia berpindah dari suatu tempat menuju ke tempat yang lain, maka ia juga akan berputar.

         Jika benda yang ditinjau mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil daripada lintasannya, maka gerakannya dapat dianggap translasi saja, dan benda seperti ini dalam mekanika disebut titik materi atau partikel. Bagian mekanika yang mempelajari gerakan titik materi/partikel tanpa memperhatikan penyebabnya disebut kinematika partikel.

         Berdasarkan lintasan yang dibuatnya, partikel yang bergerak dapat berupa garis lurus, lingkaran atau garis lengkung. Maka dari itu, artikel ini menyajikan pokok bahasan mengenai:
*). Gerak Lurus Beraturan
*). Gerak Lurus Berubah Beraturan
*). Gerak Melingkar
*). Gerak Vertikal ke Bawah, dan
*). Gerak Vertikal ke Atas

         Namun sebelum membahas pokok bahasan tersebut perlu diketahui juga besaran-besaran yang terlibat dalam kinematika gerak, seperti: jarak, perpindahan, kelajuan,  kecepatan, dan percepatan.

       Demikian pembahasan materi Kinematika Gerak pada Fisika dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar