Jumat, 21 Agustus 2020

Besaran dan Satuan Fisika SMP

         Blog KoFi - Pada artikel ini kita akan membahas tentang Besaran dan Satuan Fisika SMP. Penggunaan besaran dan satuan sudah setiap hari kita pakai baik dengan sadar maupun tidak. Artinya kita sering menggunakan sesuatu dengan mengetahui apa yang kita kerjakan atau kita melakukan sesuatu tanpa mengetahui yang kita lakukan. Berikut penjelasan materi tentang Besaran dan Satuan Fisika SMP

(i). Pengertian Besaran dan Satuan
       Besaran adalah sesuatu yang dapat dinyatakan dengan angka atau nilai dan memiliki satuan.

       Satuan adalah ukuran dari besaran yang berupa angka atau nilai.

(ii). Jenis-jenis besaran
a). Besaran Pokok
       Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan tersendiri, telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Macam- macam besaran pokok : panjang, massa, waktu, suhu, arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat.

       Dari ketujuh besaran pokok tersebut, besaran yang akan kita pelajari adalah besaran yang sering digunakan dalamkehidupan sehari-hari, yaitu panjang, massa, waktu dan suhu.

Jembatan Keledai : JIWA SMP
Jumlah zat (mol), Intensitas cahaya (candela), Waktu (sekon), Arus (ampere), Suhu (kelvin), Massa (kg), dan Panjang (meter).

b). Besaran Turunan
       Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan atau dijabarkan dari besaran pokok. Contoh besaran turunan dapat dilihat pada tabel berikut.

       Selain besaran pokok dan besaran turunan, dikenal besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang memiliki nilai dan satuan saja. Contoh besaran skalar adalah panjang, massa, waktu dan suhu. Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai, satuan dan arah. Contoh besaran vektor adalah gaya, kecepatan, percepatan, dan berat.

(iii). Satuan Internasional (SI)
       Penggunaan satuan yang tidak seragam antara satu daerah dengan daerah lainnya dapat menimbulkan kesulitan. Kesulitankesulitan itu antara lain sebagai berikut.
a. Tidak adanya kesamaan hasil pengukuran. Hal ini diakibatkan karena besarnya anggota tubuh setiap orang berbeda.
b. Menimbulkan masalah ketika ingin beralih dari satu satuan ke satuan lainnya. Misalnya, ketika kalian ingin beralih dari satuan depa ke satuan jengkal akan timbul kesulitan akibat tidak adanya aturan yang mengatur konversi satuan-satuan tersebut.

       Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, muncul gagasan menggunakan satuan standar pada besaran-besaran yang sering digunakan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan standar harus memenuhi syarat- syarat seperti berikut.
a. Tetap, artinya satuan yang ditetapkan tidak akan mengalami perubahan oleh pengaruh apapun.
b. Dapat digunakan secara internasional, artinya satuan yang ditetapkan harus berlaku di semua tempat dan setiap saat.
c. Satuan yang ditetapkan harus mudah ditiru dan mudah dipahami.

Beberapa ketetapan SI :
*). 1 meter = panjang lintasan cahaya pada ruang vakum selama selang waktu $ \frac{1}{2,99792458 \times 10^8} \,$ sekon
*). 1 kg = 1 liter air murni pada suhu 4$^\circ$C
*). 1 detik = waktu yang diperlukan atom Cesium untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali

       Mungkin kalian bertanya, siapakah yang melakukan pemilihan satuan standar? Pemilihan satuan standar dilakukan oleh Lembaga Berat dan Ukuran Internasional yang didirikan tahun 1875 dan berkedudukan di Prancis. Badan ini secara berkala melakukan konferensi internasional mengenai berat dan ukuran. Sampai saat ini, ada dua jenis satuan yang masih digunakan, yaitu sistem Inggris dan sistem Metrik. Dalam sistem Inggris dikenal foot, pound, dan second (biasa disingkat FPS). Sedangkan sistem Metrik ini dibagi dua, yaitu MKS (meter, kilogram, sekon) dan CGS (centimeter, gram, sekon). Agar lebih jelas, mari perhatikan Tabel berikut :

Untuk mengonversi satuan sistem Metrik ke satuan system Inggris digunakan konversi seperti berikut :
1 cm = 0,3937 inci
1 meter = 3,281 ft (kaki)
1 meter = 1,094 yard
1 ft (kaki) = 12 inchi
1 yard = 3 ft

Contoh 1 :
Konversikan satuan-satuan berikut!
a. 50 cm = ... inci
b. 5 m = ... ft

Jawab:
a. 50 cm = $ 50 \times 0,3937 \, $ inci = 19,685 inci
b. 5 m = $ 5 \times 3,281 \, $ ft = 16,405 ft

Untuk latihan, Silahkan konversikan satuan-satuan di bawah ini!
a. 100 cm = ... inci
b. 2 m = ... foot
c. 10 m = ... inci
d. 20 inci = ... cm
e. 500 ft = ... m
f. 300 yard = ... m

       Demikian pembahasan materi Besaran dan Satuan Fisika SMP dan contoh-contohnya. Jika ada masukkan, silahkan tulis pada kolom komentar ya. Semoga materi Besaran dan Satuan Fisika SMP ini bermanfaat. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar