Minggu, 07 Agustus 2016

Alat Ukur Waktu

         Blog KoFi - Pada artikel ini kita akan membahas Alat Ukur Waktu . Sejumlah instrument pengukuran waktu kerap kali kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti jam dinding, jam bandul, dan stopwatch. Jam tangan merupakan instrument pengukur waktu yang paling dikenal. Alat ukur ini pun digunakan hamper di seluruh Negara. Bahkan, alat ukur waktu banyak dipasang pada kendaraan, telepon seluler, dan perangkat elektronika lainnya.

a). Jam tangan
       Ada dua jenis jam tangan atau arloji sebagai instrument pengukur waktu yaitu jam tangan digital dan jam tangan jarum. Pada jam tangan jarum, jarum terpanjang disebut sekon yang bergerak satu skala terpendek setiap satu sekon, jarum yang lebih pendek disebut jarum menit yang bergerak satu skala tiap satu menit. Adapaun jarum terpendek disebut jarum jam. Pada umumnya jam tangan memiliki nilai ketidakpastian 1 sekon.

b). Stopwatch
       Stopwatch merupakan instrument pengukur waktu yang memiliki nilai ketelitian lebih tinggi daripada jam tangan. Ada dua jenis stopwatch yang biasa anda jumpai, yaitu stopwatch jarum dan stopwatch digital. Stopwatch jarum memiliki nilai ketidakpastian terlihat pada skala yaitu 0,1 sekon, sedangkan stopwatch digital diantaranya memiliki nilai ketidakpastian 0,01 sekon.

       Demikian pembahasan materi Alat Ukur Waktu dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan pengukuran dan besaran fisika yaitu alat ukur kuat arus listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar